Searching...
Minggu, 10 Februari 2013

Longsor di Sumedang


SUMEDANG, (PRLM).- Dua titik longsor terjadi di sepanjang Jalan Cadaspangeran. Kedua titik longsor itu, masing-masing di daerah Desa Cijeruk, Kec. Pamulihan dan Kp. Cilengsar, Desa Ciherang, Kec. Sumedang Selatan. Longsor di Desa Cijeruk, terjadi Kamis (7/2/13) pukul 00.10 WIB. Sementara longsor di Kp. Cilengsar, Desa Ciherang, terjadi Rabu (6/2/13) pukul 2.00 WIB.
Bahkan sebelum longsor, di lokasi itu sempat terjadi pohon tumbang yang jatuh dan menghalangi jalan, Selasa (5/2/13) pukul 20.00 WIB.
Tidak ada korban jiwa dalam bencana alam tersebut. Hanya saja, kejadian longsor di kedua titik di Jalan Cadaspangeran, sempat memacetkan kendaraan dari dua arah, yakni arah Bandung dan arah Cirebon. Pasalnya, longsoran tanahnya menimbun bahu jalan dan sebagian badan jalan.

Menurut petugas lapangan Balai Pemeliharaan Jalan dan Jembatan, Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU) Wilayah Kerja Tanjungsari-Alamsari, Sumedang, Ade Kusnawan (41) ketika ditemui di Jalan Cadaspangeran, Kamis (7/2), longsor yang terjadi di Cijeruk, berasal dari tebing curam. Longsoran tanahnya menimbun sebagian badan jalan sebelah kiri dari arah Bandung. Namun, kondisi longsorannya dinilai tidak terlalu parah, karena hanya menimbun bahu jalan dan sebagian badan jalan. Justru yang krusial, saat kejadian sejumlah bongkahan batu besar berjatuhan dari arah tebing hingga ke badan jalan. Tak pelak, saat itu arus lalu lintas dari dua arah macet total karena jalan terhalang sejumlah batu besar.

“Bongkahan batu besar satu per satu bisa dipinggirkan, ditarik dengan rantai oleh beberapa truk tronton yang lewat dari arah Bandung. Jadi, setiap ada truk tronton yang lewat dari arah Bandung, diminta bantuannya untuk menarik dulu batu-batu besar di tengah jalan untuk dipinggirkan. Alhamdulillah, satu per satu bongkahan batu besar bisa dipinggirkan. Sekarang, kita tinggal membersihkan longsoran tanahnya. Kita sudah menyiapkan satu alat berat wheel loader dan dump truck. Paling juga setengah hari, longsoran tanahnya sudah bisa dibersihkan,” ujarnya.

Selain membersihkan longsoran tanah di daerah Cijeruk, kata Ade, pihaknya pun sekalian akan membersihkan longsoran tanah di daerah Kp. Cilengsar, Desa Ciherang. Longsoran tanahnya pun, menimbun bahu jalan dan sebagian badan jalan sebelah kiri dari arah Bandung. Sebelum longsor, di lokasi itu sempat terjadi pohon tumbang menimpa badan jalan ketika hujan besar. Kejadian tersebut sempat memacetkan jalan.

“Kita sekarang tinggal membersihkan longsoran tanahnya saja. Sementara, pohon tumbangnya sudah di potong-potong dan dibersihkan dengan gergaji mesin,” kata Ade. (A-67/A-88)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!